Selasa, 19 Mei 2015

Tanda Minus Pada Nama Domain, Bagus atau Jelek?

Memilih nama domain yang keren saat ini bisa dibilang sudah semakin sulit. Alasannya jelas karena pengguna internet sudah banyak banget.
Domain keren yang saya maksud di sini adalah domain yang pendek, unik, mudah diingat, menggunakan ekstensi .COM, dan sesuai dengan topik blog atau website kita.
Ketika kita sedang mencari nama domain dengan ciri-ciri tersebut sering kali kita dihadapkan pada situasi dimana nama domain tersebut sudah tidak tersedia atau dengan kata lain sudah terlebih dahulu didaftakan oleh orang lain.
Situasi tersebut memaksa kita untuk mencari alternatif nama domain yang lain yang terkadang tidak sesuai dengan keinginan hati nurani.
Itulah yang saya alami ketika saya mencari nama domain untuk saya pakai pada blog ini tahun 2012 yang lalu.

Cerita di balik domain mas-sugeng.com

Pada waktu itu saya pikir nama Sugeng atau Mas Sugeng bukanlah sebuah nama yang begitu populer (dan nggak keren juga), tapi apa mau dikata, ternyata domainsugeng.com ataupun massugeng.com sudah terlebih dahulu ada yang ambil.
Sempat kepikiran untuk mengakuisisi domain tersebut dari orang yang terlebih dahulu mendaftarkannya, tapi sudah pasti harganya bakalan nggak pass di kantong blogger newbie seperti saya pada waktu itu (sekarang masih newbie).
domain paling keren di dunia
Singkat cerita, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftarkan nama domain mas-sugeng.com.
Nah setelah bertahun-tahun menggunakan nama domain ini, beberapa hari yang lalu muncul sedikit rasa kekecewaan terhadap kepetusan saya dalam pemilihan nama domain ini.
Alasannya cuma satu, karena domain ini memiliki karakter aneh di tengah-tengahnya.
Karakter tersebut adalah sebuah tanda minus atau mungkin lebih tepatnya tanda hubung yang dalam bahasa inggris namanya hyphen.
Sebenernya nggak ada yang salah dengan adanya tanda minus ini di dalam nama domain. Tapi rasanya nggak keren karena sulit untuk diucapkan dan terlihat tidak profesional.
Selain itu biasanya penggunaan tanda minus ini sering digunakan oleh blog-blog spam.
Dan satu lagi, banyak pengujung blog ini yang nyasar ke massugeng.com bukannya mas-sugeng.com.

Rencana mengganti nama domain

Buah hasil dari rasa kekecewaan tersebut saya sempat mempunyai rencana untuk mengganti nama domain blog ini dengan nama domain lain yang lebih keren.
Nama domain pengganti yang muncul di kepala saya adalah:
– massugengblog.com
– dan massugeng.net
Tapi rencana tersebut tidak jadi saya realisasikan karena mengingat nama domain blog ini sudah cukup dikenal dan mungkin saja bisa kehilangan banyak pembaca jika saya mengganti nama domainnya.

Menghilangkan rasa kekecawaan

Untuk sedikit menghilangkan rasa kekecewaan tersebut saya coba untuk googling di yahoo untuk mencari informasi seputar nama domain, khususnya tentang masalah tanda minus ini.
Kebanyakan artikel yang temukan rata-rata menganggap penggunaan tanda minus pada domain adalah tidak bagus, jelek, tidak disukai google dan sebagainya.
Hingga akhirnya saya menemukan artikel yang sedikit memihak pada tanda minus ini.
Artikel tersebut adalah: https://ux-point.com/hyphens-numbers-domain-names/
Setelah membaca artikel tersebut saya tersadar, ternyata banyak kok blog-blog atau website terkenal yang menggunakan tanda minus pada nama domainnya.
Beberapa contoh sederhananya adalah, css-tricks.comentrepreneurs-journey.com, dan masih cukup banyak yang lainnya.

Kesimpulan

Saya mengambil kesimpulan bahwa keputusan saya menggunakan domain mas-sugeng.com bukanlah hal yang salah, justru sangat tepat karena dengan menggunakan tanda minus domain blog ini lebih mudah dibaca.
Lagi pula yang paling penting adalah bagaimana konten yang kita buat. Percuma domainnya keren banget kalo isinya jelek banget.
Nah kira-kira bagaimana pendapat sobat tentang tanda minus ini? jelek atau keren? silakan ditulis di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar